Kamis, 10 Oktober 2013

Manfaat Tahfizul Quran



Oleh Baginda Yusuf
 
Beberapa orang yakin, bahwa setiap orang yang ingin bersusah payah dalam mencari ridho Allah agar bisa masuk surga. Semua itu bisa terlaksana (tercapai) dengan cara yang cukup mudah yaitu dengan tahfizul quran (menghapal Al Quran).
Tahfizul Quran adalah menghapal Al Quran, dan tidak hanya sebatas dihapalkan, namun juga diamalkan walaupun baru sebatas satu ayat. Apalagi kalau sudah banyak ayat yang dihapalkan, agar dakwah Islam bisa tersebar ke seluruh dunia.
Kenapa dengan tahfizul quran bisa masuk surga secara instant? Karena Allah Azza wa Jalla akan memasukkan para penghapal Quran kedalam keluargaNya, yakni keluarga para penghapal Quran.
Selain itu, ternyata ketika menghapalkan Al Quran dapat membuat kita lebih cerdas dan mudah dalam mengerjakan sesuatu. Kenapa? Karena saat ayat-ayat Al Quran dilantunkan, hati dan pikiran kita akan tenang dari hiruk pikuk aktivitas sehari-hari.
Dalam menghapal Al Quran, ada hal penting yang paling susah, yakni menjaga hapalan tersebut agar tidak lupa. Makanya, dalam menghapal Quran kita harus konsentrasi.
Konsentrasi itu berupa konsentrasi dalam menghapal dan mengulanginya kembali (muroja’ah). Karena saat kita menghapal quran sebenarnya amat mudah, Tapi, saat kita mengulang hapalan tersebut kita kadang kewalahan, apalagi kalau kita sudah lama tidak muroja’ah (mengulang hapalan). Maka untuk berhasil dalam menghapal al Quran dibutuhkan konsentrasi yang besar (tingkat tinggi).
Jika sudah hapal beberapa juz dan kita melupakannya dan tidak mengamalkannya maka kita akan mendapat peringatan dan berdosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar